CARA INSTALL COMPOSER DI OS LINUX


Composer adalah sebuah project open source yang dimotori oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano. Project composer ini dihost di github dan websitenya yang tercatat sejak tanggal 3 April 2011 dan masih aktif sampai sekarang. Mengutip dari Codepolitan, dengan adanya composer membuat ngoding php jadi lebih terstruktur dan lebih rapi. Banyak programmer terbiasa dengan bahasa pemrograman yang terstruktur, ketika pindah ke php, menemukan banyak hal yang rancu. Terutama dalam memanajemen struktur hirarki project. Sehingga membutuhkan usaha lebih untuk menerapkan konsep OOP yang baik dalam php.

Hal ini bisa terjadi karena seperti yang kita tahu, bahwa dalam bahasa pemrograman php, pada setiap kali request, maka hanya ada satu file php saja yang dieksekusi. Hanya satu file saja. Dan jika kita ingin mengakses file lain yang terpisah seperti misalkan memanggil function di file lain atau membuat instan dari kelas yang filenya terpisah, maka kita perlu meng-include atau require file yang bersangkutan sehingga seolah-olah file yang terpisah tadi jadi satu dengan file yang request user sedang mengarah kepadanya. Dengan composer dan autoload-nya serta namespace, kita bisa bebas mengakses file-file php tanpa harus ribet meng-include atau me-require semua file atau class yang kita butuhkan, autoload dari composer sudah melakukan semua itu out of the box. Sehingga oop dalam php benar-benar makes sense.

Mungkin cukup untuk penjelasan sekilas dari Composer, sekarang kita akan masuk ke poin utama yaitu cara installnya dan silahkan perhatikan tahapan-tahapannya berikut ini:

  1. Buka terminal dan isi dengan perintah sudo apt-get install composer

  2. Silahkan isi dengan huruf Y atau langsung tekan enter di keyboard
  3. Proses selesai dan composer telah berhasil diinstal/ siap digunakan


Silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar apabila menemukan problem saat Anda mencobanya dan semoga bermanfaat.

Referensi